Saturday 16 May 2015

TUTORIAL BLENDER BASIC (PEMULA) LENGKAP !! - MEMBUAT MEJA, KURSI, LEMARI + PEWARNAAN [PART 1]


Hei hei semuanya..!
Aku bawa tutorial lagi nih..

Kali ini aku membahas tentang blender..
eits, bukan blender yang ini ya




Tapi yang ini


Sedikit penjelasan ya, jadi Software Blender ini merupakan salah satu dari 10 software pembuat animasi terbaik. Karena dari beberapa artikel yang aku baca, disebutkan kalo Blender ini, memiliki fasilitas lengkap, terus Softwarenya juga nggak berat.. jadi buat yang pake laptop juga bisa.

Terus juga efisien, nggak perlu banyak klik kayak software-software lain. Karena ada banyak shortcutnya,..

Nah, Software ini bisa buat bikin film animasi, game animasi, atau modelling interior, gitu deh pokoknya.
Oh ya, Software ini juga gratis, gak perlu license code atau sejenisnya lah. Jadi nggak perlu bajak-bajakan, dan nggak takut hasil karyamu dibilang ‘haram’.
Oke deh, kalo gitu kita mulai aja ya tutorialnya, sekalian memahami isi tool-toolnya software ini.
Hayukkk,,



1st STEP


Sama seperti gambar diatas, aku menggunakan Blender versi 2.67 dalam pembuatan tutorial ini.
Langkah paling awal dalam tutorial ini yaitu, membuka aplikasinya. Setelah itu, akan ada tampilan default seperti gambar di atas.
Setelah itu, kamu bisa mengklik diluar kotak dialog berwarna hitam itu.
Dan akan muncul tampilan default seperti dibawah ini





2nd STEP – Shortcut Camera
Karena nggak enak dilihat, jadi aku puter-puter kotaknya.
Kamu bisa menggunakan mouse untuk mengubah sudut pandang atau view nya.

Karena aku pakai laptop, dan mouseku lagi rusak.. terus bokek belum bisa beli *curhat dikit, siapa tau ada yang mau beliin :D*
ada beberapa shortcut (jalan pintas) untuk mengubah view nya. Semuanya ada di keyboard kok


-tekan angka ‘1’ untuk kembali ke view default (kamera depan) ; angka ‘3’ untuk view default (kamera samping)

-tekan angka ‘8’ untuk memutar view ke atas, angka ‘2’ untuk memutar view ke bawah
-tekan angka ‘6’ untuk memutar view ke kanan, angka ‘4’ untuk memutar view ke kiri
-untuk zoom in, zoom out bisa meng-scroll mouse, atau yang gak ada mouse bisa menekan tanda ‘+’ di keyboard




3rd STEP – Kalau Shortcut tak Berfungsi

Mungkin ada beberapa teman-teman yang kebingungan.
                ‘Habis di tekan tombol shortcut tadi kok kubusnya hilang?? Gimana cara balikinnya?’

Pengalamanku juga gitu kok :p.
Nggak usah khawatir, kamu bisa ikutin langkah-langkah ini.


Arahkan kursor ke toolbar yang ada di atas, lalu klik File >> User Preferences

Lalu pilih bagian input, atur seperti gambar di atas.
Kalo udah, klik tulisan ‘Save User Settings’. Ini gunanya untuk menyimpan setting-an yang sudah kamu pilih.
Jadi jangan lupa klik yang ini, atau yang kamu pilih tadi … sia-sia tak berguna..*ce ileh..*


Terus, buat balikin kotaknya tadi, tekan angka ‘1’ di keyboard. Ingat Step sebelumnya, angka ‘1’ berfungsi untuk mengembalikan ke view default.




4th STEP – Edit Mode
Udah beres semua kan?? sekarang waktunya beraksi!!

Pertama-tama, kamu harus mengubah opsi object mode menjadi edit mode.
Karena di object mode ini kita tak bisa mengedit kotak tersebut. Cuma bisa geser-geser gitu..

Bingung? Awalnya aku juga.. *curhat terus lu..*
Nih, bentuknya yang kayak begini, tempatnya ada di bagian bawah workspace (layar kerja).


Setelah itu, kita bisa mengedit kotak tersebut.
Pastikan kotaknya sudah kamu seleksi (Berwarna oranye), kamu bisa menekan huruf ‘A’ di keyboard atau meng-klik kotaknya kalau belum terseleksi.

Nah, disini kita akan mengempotkan kotaknya (apa ya Bahasa Indonesianya?? Pokoknya kayak di gepengin gitu deh .. *resiko kebiasaan pake bahasa Jawa..*) .


Aku pake shortcut aja ya, soalnya aku nggak tau toolnya dimana, jadi pake shortcut terus.
Tekan huruf ‘S’ di keyboard untuk memperbesar kotak.

Kayaknya masih terlalu gendut buat dijadiin meja, gimana cara kempesinnya? (maksudnya : menggepengkan kotaknya).
Dalam keadaan seperti di atas (setelah menekan huruf ‘S’), tentu kamu bisa menyeretnya dengan kursormu untuk memperbesar/memperkecil si Kotak.


Nah, jangan klik apapun, (jadi masih ada kursor hitamnya itu.. ‘S’ nya masih aktif) kamu langsung tekan huruf ‘Z’ di keyboard, dan tarik-tarik untuk mendapatkan ‘kegepengan’ yang kamu inginkan

~~ Jelasinnya susah -.-“.. semoga teman-teman bisa mengerti.. ~~




5th STEP – Membuat Bentuk Dasar Meja


Pilih opsi Face Select yang berada di bawah workspace (layar kerja). Ini gunanya untuk menampilkan titik-titik.
 
                ‘Titik apa??’

Titik yang menunjukkan bagian-bagian mana yang bisa kamu tarik.
Bingung??
Baca pelan-pelan, ntar juga ngerti. Kalo nggak ngerti, baca ulang..
Masih nggak ngerti lagi? Baca terus sampe hafal :D

Putar kamera untuk menunjukkan bagian samping si Kotak yang sudah di gepengkan tadi.
Pilih bagian samping dengan tanda titik tersebut dengan cara meng-klik bagian yang diinginkan hingga menjadi seperti gambar di atas. (berwarna oranye)


Udah? Habis itu, tarik dengan menekan huruf ‘E’ di keyboard. Lalu tarik dengan mouse.
Setelah mendapatkan hasil yang diinginkan, klik di manapun.

Ini gunanya untuk mendapatkan ukuran meja yang pas, jadi meja nggak kotak gitu, kan agak-agak persegi panjang gimanaa gitu :D




6th STEP – Membagi Garis
Perjuangan masih panjang..

Setelah membentuk dasar meja, kita perlu membuat kaki-kaki meja.
Nggak mungkin kan, mejanya melayang-layang tanpa kaki begitu *ngayal*

Dari bentuk meja yang tadi, tekan tombol CTRL + R
Maka akan muncul garis pink seperti gambar di bawah.



Setelah itu, klik di sembarang tempat, dan seret ke samping bidang.



Kalau dirasa sudah pas, klik di sembarang tempat untuk mematenkan garis tersebut.


 
Sudah mengerti??
Lakukan hal yang sama pada ke-empat sisi bidang tersebut.
 


Bisa kan??
Awal-awalnya memang agak membingungkan, tapi kalau sudah beberapa kali dicoba, jadi gampang deh :D
Garis-garis ini fungsinya untuk membagi dan membentuk bagian kaki meja.


7th STEP – Last Step
Nah, ini waktunya kita membuat kaki-kaki meja.
Putar dulu bidang persegi panjang. Karena yang kita edit sebelumnya adalah bagian atas.


Inget kan cara muternya gimana?? Kalo lupa, baca lagi step 2.




Nah, kalo udah, kita tinggal seleksi ke-empat sudutnya, untuk membuat kaki.
Cara melakukan seleksi multiple , yaitu dengan menekan SHIFT + Klik sudut yang akan di pilih.

 Ingat ya, tandanya kalo sudah di seleksi itu, bidangnya berwarna oranye.
 

Apa teman-teman sudah mengerti tujuan step 6 tadi?? Jadi fungsinya untuk menambah bidang bertitik yang bisa di tarik.

Kalau sudah, kembalikan view ke atas seperti tadi, (baca step 2 kalo lupa caranya)


Kita akan mulai membuat kaki meja…
Caranya sama seperti step 5..

 
Tekan tombol ‘E’ di keyboard, lalu tarik ke bawah menggunakan mouse.
Biar rapi, sebelumnya aku angkat bidangnya ke atas sedikit, jadi pas bagian ini aku tarik sampe kena garis dasarnya (gak ngerti namanya apa :D).



 Jadi deh..



Tutorialnya sampe disini dulu ya..
Kepanjangan kalo dijadiin satu, jadi aku bakal bawa tutorial part berikutnya, yaitu cara membuat kursi.
Nanti aku juga bakal bikin tutorialnya dalam bentuk video.. biar lebih gampang ngerti.
Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat temen-temen semua.

Kalo ada pertanyaan, bisa tinggalin komentar aja, aku bakal jaawb secepatnya..


Pantengin terus blog ini ya..
see you later...! ^^


1 comment:

  1. Terimakasih tutorialnya , sangat bermanfaat sekali

    sekalian ijin promosi ya :)
    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com