Saturday 19 September 2015

SUKA DUKA NGERJAIN TUGAS STOPMOTION



cr : http://loveanimasi.weebly.com/uploads/2/0/3/9/20392113/7077942_orig.jpg







“Buat Stop Motion bertema ulang tahun. Dikumpulkan tanggal 3 September”
Ucap
sang ibu guru begitu memasuki ruang kelasku..



Ya elah Bu ... baru masuk kok udah ngasih tugas..
Jadi sedih saya *alay :p*

Ya,, tapi mau gimana lagi? Namanya juga sekolah, pasti ya ada tugasnya...

Dan selama dua jam pelajaran itu, sang ibu guru memutarkan video contoh stopmotion, sambil menjelaskan sedikit tentang stopmotion.
Tak lupa juga membagi kelompok untuk mengerjakan stopmotion.




Satu kelompok berisi dua orang, dan waktu pengerjaannya kurang lebih satu bulan. tugas ini Kira-kira, tugas ini diumumkan mulai bulan Agustus awal.


Waktu masih kelas sepuluh, aku sempet bikin Stopmotion singkat, padat dan nggak jelas - pake 'banget'  :D

Jadi, waktu dikasih tugas ini, aku udah nggak terlalu bingung. 



Sedikit penjelasan tentang Stopmotion.
Stopmotion sendiri berasal dari dua kata.
Yaitu Stop, yang berarti berhenti. Dan Motion, yang berarti gerakan.

Jadi, dalam animasi Stop Motion ini, kita membuat sebuah gerakan dari objek yang sebenarnya diam.

Objek digerakkan sedikit demi sedikit, secara teratur. Dan diambil gambarnya satu per satu. Sehingga menciptakan kesan hidup.

Memang, dalam pengerjaannya kita membutuhkan kesabaran, ketelitian, juga kreativitas.
Karena animasi stopmotion ini juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.
Dan kunci utama untuk menghasilkan output yang bagus adalah, memperbanyak gambar (foto), dengan begitu gerakannya akan semakin halus.




Perlengkapan yang dibutuhkan cukup banyak,
Mulai dari Laptop, Kamera HP, sampai kertas-kertas dan gambar-gambar yang digunakan untuk membuat isi video stop motion.





 

Aku dan temen sekelompokku sempet bingung mau bikin stopmotion yang gimana..
Dengan bantuan kakak kelas, akhirnya kami memutuskan untuk membuat lyric video.
jadi, isi stopmotion ini mengikuti lirik dari salah satu lagu yang kami pilih.


Cukup gampang sih....
Karena kami nggak perlu susah-susah bikin cerita dan skenario yang ribet-ribet..
Tinggal cari variasi gambar dan transisinya aja.

Susahnya cuma pas nyama-in gerakan video sama lagunya.


Aku dan temen satu kelompokku, yang namanya Ilvi, memilih lagu Jamrud - Selamat Ulang Tahun. Yang ternyata juga banyak dipakai sama temen-temen sekelas.
Untung aja nggak ada yang konsepnya sama .. kalo sama kan jadinya nggak greget :p



Mulai deh pengambilan gambarnya ...!!
Eittss.. belum ..!


Sebelum pengambilan gambar, Aku dan Ilvi disibukkan dengan kegiatan gunting-menggunting, juga warna-mewarna'i.
Jadi berasa kayak anak TK deh :D.

Setelah semua peralatannya siap, akhirnya kita mulai cari kelas yang cocok buat pengambilan gambar.
Syuting.. syuting!!




Papan Shooting yang diisi sekenanya :p


Buat scene satu, kita   -aku dan Ilvi-   udah setuju untuk menggunakan gerakan dan ekspresi wajah dari masing-masing kami sebagai pembuka stopmotionnya.

Setelah scene satu yang menggunakan manusia sebagai objek utamanya selesai di ambil, kita langsung lanjut ke scene 2.


Ku akui, aku memang sedikit perfeksionis dalam proses pengerjaan proyek yang satu ini *ceitleeh.. proyek .. :D*
Karena disini, aku memperhatikan setiap detail gerakan objek, biar nggak terkesan terlalu kasar. Juga, ke-stabilan kamera.  Waktu take scene 2 ini, yang jadi pemegang kameranya Ilvi, dan aku sering ngingetin Ilvi biar kameranya nggak gerak sedikitpun. Bahkan kadang sempet marah juga.
*Maafin aku ya Vi :D*

Detail-detail kecil yang jarang diperhatikan itu malah berpengaruh besar terhadap hasil akhirnya nanti.
Dalam pembuatan stopmotion, usahakan gerakan objek tidak terlalu kasar. Dan ke-stabilan kamera juga harus dijaga.
Lebih baik menggunakan tripod, supaya kamera tidak goyang.
Karena kalau kameranya goyang, hasilnya nanti kurang enak ditonton.


Sudah cukup merasa lelah, akhirnya kami memilih untuk melakukan editing video terlebih dahulu.



 
Mejanya berantakan bangett



Pengambilan scene ke-3 dilakukan beberapa hari berikutnya, diwaktu pelajaran 2D (mata pelajaran produktif)


Dan setelah itu, aku dan Ilvi asyik bersantai-santai, karena merasa deadline tugasnya masih lama.
Sinonimnya ,, meremehkan .
Asyik bersantai-santai karena merasa waktunya masih lama, kami tak sadar kalau nyawa kami terancam *alayyy :P*

Nggak kerasa udah tanggal 1 September sodara-sodara!! Deadlinenya 2 hari lagi !!
Sementara lagunya masih seperempat jalan! Se - per - em - pat !! 
Yah, makanya perbuatan ini jangan ditiru ya teman-teman :D.

Waktu itu aku berusaha merayu sang ibu guru pemberi tugas, biar deadlinenya dimundurin.
Eh, ternyata kita (aku, dan temen-temen sekelas) dikasih peringatan.

Kalau sampai tanggal tiga ada yang nggak ngumpulin tugas stopmotionnya, nanti dikasih hukuman nulis kalimat sejenis janji untuk mengerjakan tugas sebanyak  tahun + bulan + tanggal  (2015 + 9 + 3  = 2027).
Sumpaaahh,, pengen nangis aku ....
Takut tugasku nggak selesai ...! :'(


Akhirnya, aku dan Ilvi mati-matian buat kebut scene 4 dan scene 5 dalam satu hari (tepatnya, tanggal 2 September)



Gambarnya temenku nih ~~


Ada beberapa gambar yang nggak bisa kami  -aku & Ilvi -  gambar.
Karena nggak ada satupun dari kami yang terlahir dengan bakat itu   *kasian*


Akhirnya aku minta tolong sama Rasendriya  a.k.a  Upik, yang namanya pernah ku sebut di post beberapa bulan lalu.  Dia memang berbakat banget dalam bidang gambar menggambar.
Naasnya , aku lupa cantumin nama dia di bagian 'Thanks To ...'
*Maaf ya Pik .. :(*


 Perjuangan belum selesai.
Sepulang sekolah aku harus menanggung beban dua laptop di tas kecilku, dan itu sooo beraattt banget ..
Karena laptopku lemot, jadi aku pinjem laptopnya Ilvi buat begadang ngerjain tugas ini.

Dan aku mati-matian kerjain tugas ini sampe jam dua pagi ..... tanpa bantuan kopi lohhh :p



Proses editing selesai, tinggal rendering..!! uyehh!

Dan saat proses rendering ...


Laptopnya mati ._.                                           ..                     ..               ..


UNTUNG UDAH DI SAVE ..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!






Mungkin ia terlalu lelah, ya sudahlah.
Pokoknya udah di save..

Dan akhirnya, untuk proses rendering, aku numpang di laptop temenku.
Syukurlah ...
Akhirnya tugas stop motionnya selesai ...     #fiuhhhh


 Ini nih desain boxnya..



Yah mungkin segitu aja cerita absurd nan gaje yang bisa aku share kali ini :D

Yang jelas, untuk pembuatan stopmotion kita harus teliti dan sabar, terutama pas editing videonya.
Juga harus punya feeling yang kuat. Harus bisa ngerti, perpindahan gambarnya kurang cepet, atau kurang lambat.





Perlengkapan primer yang harus ada yaitu, kamera (boleh kamera hape, pocket, atau SLR) , usahakan pakai tripod, dan yang terakhir..
Ide :)



Juga, jangan pernah meremehkan setiap tugas yang ada ya..
Nanti jadinya malah nggak karuan, dan harus begadang kayak aku ... :p




Semoga postingan kali ini bisa menghibur, dan menjadi manfaat buat teman-teman semua..
Selamat berkarya :)
Salam anek-anek!






Ini hasil akhir stopmotion buatan kelompokku

https://www.youtube.com/watch?v=a79hAyUIh_g










Daftar Pustaka :

http://loveanimasi.weebly.com/stop-motion.html


No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com