Monday 29 December 2014

MENG-KONVERT FILE LEBIH MUDAH DENGAN FORMAT FACTORY (TUTORIAL)

Hai semuanya, aku kembali!! Ada yang kangen gak? *gak ada*
Hari ini aku mau kasih tutorial cara pakai Format Factory

Sebelumnya, ada yang tau apa itu Format Factory??
Format Factory adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk meng-konvert (mengubah format) file secara praktis.




Logo Format Factory

Yah, semuanya berawal mula dari tugas. *Tugas terus.. -.-*. Emang, tugasku banyak. Banyak yang nggak aku kerjain.
Aku lupa tugas apa, pokoknya si Pak Guru itu nyuruh konvert file. Kalo konvert file di online kan repot, harus upload, terus loading lagi, ntar download lagi, belum kalo situsnya GaJe, dan lain sebagainya..

Akhirnya aku tanya ke Pak Guru yang lain, terus sama Bapaknya dikasih software ini (Format Factory).
Pas pertama pake aku juga nggak ngerti gimana cara pakenya, aku utak-atik sampe pusing juga nggak ketemu. Terus nggak tau kenapa waktu malem-malem, pas lagi iseng tuh,, tau-tau kok bisa :D
Aku mau bagiin ke temen-temen aja gimana caranya konvert file pake software Format Factory.

Kali ini, aku bahas cara ubah format .mp4 ke .mp3.
Oh ya, buat temen-temen yang mau download aplikasinya, bisa >>klik disini<<

NB : Kalo gambarnya nggak keliatan, temen-temen bisa klik kanan >> Open Link in New Tab


Langkah 1

Pertama, buka software Format Factory yang sudah kamu install di laptop/PC kamu.
Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini 
 
Tampilan awal Format Factory

Kamu bisa pilih mau meng-konvert file ke bentuk apa. Kamu bisa lihat di kolom sebelah kiri.
Jangan bingung dulu, aku kasih contoh kok. Disini aku mau konvert file .mp4 ke .mp3 
Alias ubah video jadi lagu.

 

Langkah 2


Kamu bisa klik salah satu format yang ada di kolom kiri. Contohnya, aku mau ubah .mp4 ke .mp3. Jadi aku klik yang MP3.

Setelah mengklik format yang kamu inginkan, maka akan keluar kolom seperti dibawah ini.

Dan di kolom ini, klik tulisan 'Add File'. Setelah itu, kamu tinggal memilih file yang mau kamu konvert.
Jangan lupa juga pilih tempat penyimpanan hasil konvert. Dengan cara klik 'Change'Lalu, pilih tempat penyimpanan yang kamu inginkan, dan klik 'OK'.
 
Langkah 3

Setelah itu, data yang akan kamu konvert akan muncul di kolom seperti gambar dibawah ini. Kamu bisa menambahkan data lagi dengan mengulangi langkah 1-2. Jika sudah siap, klik tulisan yang dilingkari merah.
 

Setelah mengklik tulisan tadi, maka proses konvert akan segera dimulai seperti gambar dibawah ini.

Setelah proses konvert selesai, biasanya akan terdengar suara singkat, dan akan muncul kotak seperti ini di pojok kanan bawah layar monitor.


Finishing

Proses konvert sudah selesai, kamu tinggal mencari datanya di tempat yang sudah kamu tentukan tadi. Selesai!


Gimana?? Enak toh?? Manteb toh??
Ini cuma dasarnya aja, kamu bisa ubah format-format lain. .png ke .jpg ; .mp3 ke .wav ; .mp4 ke .3gp ; .swf ke .gif  dan masih banyak lagi...
Pokoknya jangan aneh-aneh aja. Masa file .docx diubah ke .mp3 ya nggak bisa toh..
*Soalnya aku pas iseng nyoba, format factory-nya yang nggak mau :D*


Semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen.
Kalo ada kesulitan, bisa tinggalkan di komentar.
Jangan lupa like dan share ya! ^^

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com